Jalan Daendels atau jalan pos , jalan yang dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Belanda Herman Willem Daendels yang menjadi penguasa Hindia Belanda antara tahun 1808 hingga 1811.jalan yang termasuk peninggal kolonial belanda tergolongan jalan yang tua dan perlu perawatan khusus.


Jalan Raya yang di bangunan di masa kolonial belanda ini banyak terdapat kisah kejam dan memilukan bagi warga priboemi kalau ingin jelas tanya kakek - nenek warga gresik yang hidup di sepanjang jalan . pasti mereka akan berkobar-kobar hatinya sekaligus menangis dalam hati.



Dalam hal ini cerita pilu itu tak hanya di rasakan oleh warga priboemi yang di paksa untuk memenuhi kebutuhan belanda akan kelancaran transportasi di negara jajahan.sekarang jalan Daendels kini nasibnya sama dengan warga pribumi yang keadaannya tak sebab dengan pekerjaan.

Lihat jalan di sepanjang pantura gresik keadaannya sangat mengenaskan. jalan yang kekuatan menahan beban dan kurun waktu membuatnya berbeda . jalan yang dulu paling berat di lewati cikar sapi kini di lewat dum truck sirtu yang kekuatannya melebih 20 X tonase cikar sapi





Dalam keadaannya kini kekuataan aspal kurang kuat untuk menahan beban kendaraan , karena ini harus ada tindak pengaspal yang sesuai dengan kendaraan dalam hal ini di lakukan oleh instansi pemerintah selaku pengelola jalan raya Deandels setelah perginya pemerintah kolonial belanda.

Pembenahan jalan yang masuk dalam kriteria sejarah ini perlu perhatian khusus apalagi jalan ini merupakan aspek penting kelancaran roda ekonomi masyarakat menengah kebawah , bukan hanya pengusaha yang mengunakan angkutan besar agar omset usahanya maju.

Semoga perbaikan jalan dengan perhatian khusus pemerintah ini harus melakukan pengkajian mutu jalan dengan beban jalan. jangan asal-asalan seperti saat ini yang mengunakan tambah sulam " Siang Tambah , Malam Hancur " semoga terlaksana.


Eson Gresik. Ngawur ( Ngeblog Jawa Timur ). Diberdayakan oleh Blogger.